Senin, 09 April 2012

CARA PENGAMATAN SPORA MIKORIZA


PENGAMATAN SPORA MIKORIZA
Bahan :
  1. Tanah disekitar perakaran tanaman (50 g)
  2. Saringan tanah dengan ukuran 500 µm, 106 µm, dan 45 µm
  3. Air pembilas
  4. larutan sucrosa 40 %

Cara kerja :
  1. 50 g tanah kering udara direndam dalam 500 ml air selama kurang lebih 30 menit, kemudian diaduk dan didiamkan selama 1 menit, agar partikel kasarnya mengendap.
  2. Tuangkan suspensi tanah pada saringan yang telah disusun menurut usuran pori dari yang terbesar sampai terkecil (500 µm, 106 µm, dan 45 µm). bahan yang tertampung pada saringan tingkat kedua dan ketiga dicuci dengan air.
  3. Pembilas dengan air diulang beberapa kali ingá di perkirakan tidak ada lagi spora yang tertinggal didalam tanah tersebut.
  4. Spora yang menempel pada saringan dituangkan pada tabung santripusi dengan cara disemprot air. Setiap saringan dituangkan di tabung santrifusi yang berbeda.
  5. Kedalam tabung santrifusi ditambahkan air hingga ¾ penuh, lalu di santrifusi selama 5 menit dengan kecepatan 2500 rpm.
  6. Supernatan dalam tabung dibuang, lalu tambahkan larutan 40% sucrosa bertemperatur 4oC, lalu disentrifusi lagi selama 5 menit dengan kecepatan 2500 rpm.
  7. Supernatan disaring secara vakum sambil dicuci dengan air untuk menghilangkan sukrosanya.
Spora yang ditampung didalam kertas saring diamati dibawah mikroskop dengan pembesaran 400 kali, jumlah spora yang diamati dihitung.
 by.
                                                                                      Prof. Dr. Ir. Nuni Gofar, M.S.
(Universitas Sriwijaya Fakultas Pertanian Jurusan Tanah)

1 komentar:

  1. maaf..mau tanya..
    larutan sukrosanya di tambah setelah penyaringan pertama..atau waktu penyaringan pertama di beri sukrosa,, krna ada sebagian jurnal yg memberi sukrosa sebelum dsaring..trims

    BalasHapus